Diare Pada Anak – RSU Bunda Purwokerto

Diare Pada Anak

  • 0

Diare Pada Anak

mengAnak-anak dikatakan diare jika buang air besar 3 kali atau lebih dalam sehari. Anak-anak rentan terkena diare karena daya tahan tubuh mereka masih rendah. Diare adalah mekanisme fisiologi tubuh mengeluarkan racun, bakteri dan virus.

Apakah penyebab diare pada anak?

Sekitar 90% diare disebabkan oleh rota-virus. Media penularannya disebut dengan 3F yaitu melalui Finger(jari), Food(makanan) dan Fly(lalat). Anak sering memasukkan tangannya ke dalam mulut sehingga terkontaminasi. Maka-nan yang lebih dari 2 jam tidak habis jangan diberikan lagi kepada anak.

Penanganan pertama diare di rumah

Tidak perlu panik jika anak diare di ru-mah, langkah awal cukup membuat larutan beri-kut: 200cc air matang + gula 1 sendok teh “munjung” + garam seujung sendok teh.

3 Parameter Kunci Diare pada Anak

  1. Keadaan Umum : rewel
  2. Rasa haus
  3. Turgor (elastisitas) kulit menurun

Disamping hal di atas perlu dipahami juga beberapa tanda dehidrasi pada anak seperti: ubun-ubun cekung, berkurangnya air mata, mata cekung, bibir kering, akti-fitas menurun dan frekuensi buang air kecil yang menu-run.

Cara pencegahan diare

Anak harus diajarkan untuk cuci tangan sebelum makan, sedangkan pada bayi sering di-bersihkan tangannya. Jaga kebersihan makanan dan minuman, berikan ASI eksklusif minimal 6 bulan karena ASI mengandung immunoglobulin.

dr. Priyono Budisuroso, Sp.A


Leave a Reply